Ini Dia Kapal Selam Siluman Anti Radar

Julukan Sea Shadow sangat tepat diberikan pada kapal ini, dimana dengan perpaduan antara sebuah pesawat petarung Stealth dan sebuah Batmobile kapal ini bisa muncul di mana saja, kapan saja di laut terbuka. Bisa menghindar dari deteksi radar walau pergerakannya lambat.


Namun kapal yang pembuatannya memakan biaya 110 juta poundsterling itu sekarang ditakdirkan untuk dibongkar menjadi timbunan sampah kecuali ada pihak yang mau mengambilnya dari angkutan laut.

Angkutan laut Amerika telah berusaha memberikan Sea Shadow sejak tahun 2006 setelah Pentagon tidak membutuhkan lagi ataupun menggunakannya. Sejak tahun 2005 Sea Shadow telah dikandangkan di San Diego, California.

Kapal ‘Sea Shadow’ yang paling dirahasiakan itu kini akan diberikan cuma-cuma oleh angkatan laut Amerika kepada pihak yang berminat. Syaratnya pihak yang berminat harus menyetujui membuat dermaga penyelaman kering sebesar lapangan bola sebagai bagian dari paket perjanjian tersebut.

Mulai diperkenalkan kepada publik pada tahun 1993, dan telah mendapat perhatian besar ketika diluncurkan, dan semakin terkenal setelah kapal Sea Shadow ini digunakan dalam film James Bond 007 ke 18 dengan judul ‘Tomorrow Never Dies (1997)” yang dibintangi oleh Pierce Brosnan sebagai James Bond.

Walaupun bentuk kapal ini tidak biasa, museum di Amerika telah menyatakan minat pada kapal stealth ini tetapi angkatan laut Amerika bersikeras kapal ini dibagikan sebagai bagian dari hadiah.

Kapal ini dikenal juga sebagai kapal penambang yang besar, dibangun sebagai rumah untuk kapal stealth dan menyembunyikan dari satelit mata - mata. Kapal ini pernah bertindak sebagai dermaga kering dan telah dibangun untuk mengangkat kapal selam Rusia yang tenggelam 35 tahun lalu.

Dibangun dengan panjang 164 feet Sea shadow mempunyai kru 12 orang dan bisa berlayar hingga 28 knots. Kapal tersebut mempunyai kemiripan dengan pesawat Stealth yang dibangun tahun 1985.

Dengan lapisan khusus, sudut tajam dan rahasia lainnya pada radar dan sonar merupakan kelebihan dari kapal ini. Kapal ini tidak didesain untuk digunakan sebagai kapal perang dan merupakan kapal eksperimen yang didesain oleh Lockheed Corporation.

Mantan anggota kru, SK Gupta, kini presiden di Lockheed Martin Space Systems mengatakan kapal ini pernah menjadi bagian latihan perang angkutan laut Amerika. “Kami beroperasi pada waktu malam tanpa ketahuan. Kami dapat menghilang dan bersembunyi dimana pun kami mau. Tidak ada seorang pun berpikir kami mampu melakukannya. Biasanya sebuah kapal sulit untuk bersembunyi,” katanya.

Ide awalnya kapal ini dibangun untuk kepentingan proyek rahasia CIA pada awal tahun tujuh puluhan dan dirahasiakan selama setahun. Program pembuatan Sea Shadow ini merupakan kombinasi antara lembaga pertahanan, lembaga luar angkasa dan Lockheed Martin Missiles and Space Company. Kapal ini dapat memberikan stabilitas luar biasa dalam cuaca berat, sehingga sangat cocok dalam melakukan misi rahasia CIA.

Proyek CIA ini diketahui sebagai percobaan untuk mengangkat kapal selam Rusia yang tenggelam diperairan Hawai tahun 1986. Dalam proyek rahasia ini mengunakan 2 kapal yaitu kapal Gossimir Explorer dan kapal HMB-1. Proyek ini berhasil mengangkat sebagian dari kapal selam Rusia yang karam.

Menurut sejarah yang dirilis oleh angkatan laut Amerika, pembuatan konstruksi Sea Shadow ini berlangsung di dalam tongkang, antara tahun 1983 dan 1985 di Redwood City California.

Tes dilakukan pada malam hari pada tahun 1985 dan 1986 di Kepulauan Santa Cruz di selatan California, dengan kapal tongkang yang menjaganya di bawah penutup untuk perbaikan dan penambahan selama siang hari.
Tes tersebut dihentikan pada tahun 1986 dan tidak dilanjutkan sampai musim semi 1993, kapal ini diperkenalkan ke publik tahun 1993. (tribunbatam.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner