Slumdog Millionaire

Slumdog Millionaire

Slumdog Millionaire atau dalam bahasa Indonesia Sang Gembel Milyarder adalah sebuah film dengan latar belakang daerah kumuh Mumbai, India dan dibuat oleh seorang sutradara Inggris Danny Boyle. Film ini berhasil meraih empat Golden Globes [1] dan delapan piala oscar[2], termasuk penghargaan paling bergengsi Film Terbaik dan Sutradara Terbaik[3]. Bercerita tentang seorang anak miskin yang besar di lingkungan kumuh (slum) kota Mumbai yang mendadak menjadi kaya setelah menang dalam kuis Who Wants To Be A Millionaire versi India. Film ini diputar untuk pertama kalinya untuk umum Di Inggris pada 12 November 2008 dan di Mumbai pada 22 Januari 2009.

Para pemainnya antara lain ialah Dev Patel, Freida Pinto, Anil Kapoor, Irrfan Khan, dan masih banyak lagi. 2008, sedangkan Penghargaan lain yang diterimanya adalah lima Critics' Choice Awards, dan tujuh piala BAFTA Awards.

Cerita

Film ini dimulai dengan inspektur polisi (Irrfan Khan) di Mumbai, India, menginterogasi dan menyiksa Jamal Malik (Dev Patel), bekas anak jalanan dari kawasan kumuh Dharavi. Jamal adalah kontestan Who Wants to Be a Millionaire? versi India (Kaun Banega Crorepati) yang dibawakan oleh Prem Kumar (Anil Kapoor). Jamal berhasil mencapai pertanyaan terakhir, dijadwalkan diadakan besok, tetapi polisi menuduhnya curang. Pada saat diinterogasi, jamal menjelaskan bahwa setiap pertanyaan yang diajukan padanya mempunyai hubungan dengan apa yang pernah dialaminya selama ini. Dan inspektur polisi menerima penjelasan dari jamal dengan sebutan "keanehan yang masuk akal".

Pada awal film ini, ketika judul ditayangkan juga terdapat tulisan "Jamal menyisakan pertanyaan terakhir, bagaimana dia melakukannya? a) dia curang b) dia beruntung c) dia jenius d) sudah ditakdirkan. Dimana pada akhir film ini anda akan mengetahui sendiri jawabannya.

Tokoh

* Dev Patel sebagai Jamal Malik. Ia adalah orang muslim yang tinggal di permukiman kumuh di Mumbai
* Ayush Mahesh Khedekar sebagai Jamal kecil
* Tanay Ccheda sebagai Jamal remaja
* Freida Pinto sebagai Latika. Dia adalah pacar Jamal
* Rubina Ali sebagai Latika kecil
* Tanvi Ganesh Lonkar sebagai Latika remaja
* Maddhur Mittal sebagai Salim. Dia adalah kakak Jamal
* Azharuddin Mohammed Ismail sebagai Salim kecil.
* Ashutosh Lobo Gajiwala sebagai Salim remaja.
* Anil Kapoor sebagai Prem Kumar, pembawa acara Kaun Banega Crorepati.
* Irrfan Khan sebagai inspektur polisi.
* Saurabh Shukla sebagai konsultan Srinivas
* Mahesh Manjrekrar sebagai Javed
* Ankur Vikal sebagai Maman
* Raj Zutshi sebagai prduser Kaun Banega Crorepati
* Sanchita Choudhary sebagai ibu Jamal
* Shah Rukh Munshi sebagai anak miskin
* Mozhim Shakim Sheikh Qureshi sebagai anak miskin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner