Bagaimana Menggali Kekuatan dan Mengatasi Kelemahan

I. Kelebihan Didapatkan dengan Cara Banyak Berlatih.
Untuk mengetahui kelebihan masing – masing setiap manusia membutuhkan proses untuk mengenal dirinya. Dengan mengenal diri kamu masing – masing, maka kamu akan mengetahui kelebihan yang ada dalam diri. Kelebihan itu tidak langsung dapat kamu sadari. Kamu harus berusaha untuk menemukan kelebihan itu, dengan cara banyak melatih diri dan melakukan suatu kegiatan yang kamu kuasai. Dengan cara tersebut, kamu dapat menyadari dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri kamu.

II. Mencoba Hal – hal Baru yang Positif.
Kadang kala kamu harus keluar dari lingkungan kamu sehari – hari. Rutinitas yang biasanya kamu lakukan kadang kala membuat kamu menjadi terlena untuk melakukan hal yang sama. Namun sampai kapan kamu akan begini terus ? Terobosan yang inovatif harus dapat kamu temukan bila kamu ingin menjadi pribadi yang maju dan berbeda dari yang lainnya. Misalnya jika kamu terbiasa menekuni kegiatan pencinta alam tidak ada salahnya jika kamu mencoba menekuni bidang lain seperti paduan suara atau klub fotografi.Mencoba hal-hal baru yang bahkan mungkin tidak terpikir sebelumnya akan merubah pola berpikir dan memperluas bidang minat kamu.

III. Membangun Kepercayaan Diri
Adalah suatu perkara yang tidak mudah untuk membangun kepercayaan diri, karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. Kepercayaan diri dalam diri seseorang itu penting untuk berinteraksi dengan sesama. Ketidak percayaan diri seseorang dapat menghambat dirinya untuk maju.Mulailah untuk mulai mengatakan “Aku bisa!” dibandingkan dengan “Rasanya aku akan mencoba”.Rasa percaya diri tidak akan muncul dalam semalam,laksana tumbuhan yang perlu dipupuk dan disiram setiap hari,kepercayaan diri juga harus dilatih dan dijaga agar tumbuh semakin tinggi.

IV. Mengenal dan Mengambil Inspirasi dari Tokoh – tokoh Teladan
Setiap orang pasti mempunyai tokoh idola,mulai dari bintang film sampai tokoh politik handal,mulai dari seorang presiden sampai Ayah/Ibu kita sendiri.Hal yang positif dari seorang tokoh seyogyanya dijadikan inspirasi bagi kamu.Semua tokoh teladan yang kita kagumi mempunyai semangat dan daya juang yang tinggi dalam mencapai tujuan mereka masing-masing.Semangat itulah yang perlu kita contoh.

V. Tidak Memandang Rendah Diri Sendiri
Pada hakikatnya Tuhan Maha Adil. Ia mengkaruniai setiap umatnya dengan berbagai macam kelebihan,baik yang kita sadari,maupun yang tidak. Manusia wajib bersyukur atas karunia-Nya. Kamu tidak dibenarkan untuk memandang rendah diri kamu sendiri. Karena kelemahan kamu adalah salah satu aspek yang juga menjadi bagian dari kelebihan kamu.Pandanglah kelemahan menjadi suatu cambuk untuk memotivasi diri.Kelemahan tidak perlu ditutupi atau dihilangkan.Kelemahan harus dipandang sebagai suatu jalan menuju kelebihan dalam cara yang lain.Jika kamu sendiri selalu memandang rendah diri sendiri,siapa lagi yang akan memandangmu dengan pandangan yang tinggi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner