Hati-hati, SMS Gelap Bisa Curi Data Ponsel!

Perusahaan keamanan perangkat bergerak Trust Digital memperingatkan agar pengguna telepon seluler semakin berhati-hati ketika memberikan nomor ponselnya kepada orang lain. Pasalnya data di dalam ponsel Anda bisa dirampok dari jarak jauh melalui sebuah pesan pendek.

Seperti dilansir oleh CNET, aksi ini biasanya dilakukan pada malam hari ketika pemilik ponsel sedang lelap tertidur, sehingga ia tidak menyadari ponselnya sedang "dijarah". Karenanya modus ini sering juga disebut sebagai "Midnight Raid Attack" alias penyerbuan di tengah malam.

Seseorang dari jarak jauh akan mengirimkan pesan pendek ke nomor ponsel. Vice President Marketing Trust Digital Dan Dearing mengatakan, pesan yang masuk tadi secara otomatis akan membuka perambah ponsel dan mengarahkannya untuk membuka situs-situs tertentu. Situs inilah yang bakal mengunduh file tertentu dari dalam ponsel yang bisa dieksekusi. Dengan cara itu data-data dari ponsel akan tercuri.

Cara lain yang digunakan para pencuri data ini dengan memanfaatkan ponsel yang didukung koneksi wifi. SMS yang dikirimkan akan melacak koneksi wifi lalu mengambil informasi alamat dan kata kunci email pemilik ponsel.

Tetapi tenang saja, Dearing mengatakan cara-cara ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang benar-benar ahli dan memiliki perangkat lunak maupun perangkat keras pendukung. Tetapi, tetap saja Anda harus berhati-hati.

TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner