Harvard Buka Program Guru Besar Homoseks

Boston: Universitas Harvard membuka program guru besar studi lesbian, gay, biseksual dan transeksual (LGBT) yang merupakan pertama kalinya di Amerika Serikat (AS). Hal ini menunjukkan meningkatnya perhatian dunia akademis AS terhadap soal-soal yang berkaitan dengan relasi seks.

Kaukus Gay dan Lesbian Harvard telah menggelontorkan dana 1,5 juta dollar AS untuk membiayai program guru besar bertitel resmi "F.O. Matthiessen Visiting Professorship of Gender and Sexuality". Gelar tersebut mengabadikan nama cendikiawan dan kritikus sastra AS, F.O. Matthiessen yang meninggal dunia tahun 1950. Matthiessen pernah mengetuai program sarjana untuk studi sejarah dan kesusastraan di Universitas Harvard dimana dia menyembunyikan rahasia kehidupan homoseks-nya.

Salah satu kampus Ivy League (kumpulan dari delapan universitas elite AS) ini akan mengundang para guru besar sebagai tamu untuk mengajar seksualitas dan masalah-masalah yang berkaitan dengan kaum minoritas seksual selama satu semester.

Candace Gingrich, manajer LSM pembela hak-hak kelompok gay (Human Rights Campaign) mengungkapkan, program ini memberi para mahasiswa dari komunitas LGBT sesuatu yang diangankannya. (Liputan6.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner