Budi Hidayat, 9 Tahun 'Bergulat' dengan Harimau Sumatera

akarta - Berprofesi sebagai pawang harimau tidak begitu populer di telinga kita. Namun, pekerjaan tersebut adalah pilihan yang menyenangkan bagi Budi Hidayat. Tidak tanggung-tanggung, 9 tahun sudah ia bergelut dengan hewan buas tersebut.

"Saya memang senang binatang. Ketika ditawari mengurus harimau, saya anggap berkah karena saya semakin banyak kesempatan berinteraksi dengan mereka," kata Budi saat ditemui detikcom, Senin (21/9/2009).

Lulusan Kedokteran Hewan IPB ini mengaku tidak kesulitan mengurusi harimau. Bahkan jika sudah mengenal karakternya, sikap harimau bisa berubah menjadi seperti anjing yang penurut.

"Kalau kita sering panggil namanya berulang-ulang, dia akan terbiasa dan bisa menghampiri kita," jelasnya.

Budi mengaku tidak pernah sekali pun digigit oleh harimau meski setiap hari berinteraksi. Luka-luka yang pernah dialaminya hanya sebatas goresan kuku binatang belang-belang itu.

Menurut Budi, harimau kecil adalah mahluk yang paling lucu. Tingkahnya sangat atraktif dan gemar bermain dengan para pawang. "Terkadang suka gigit tapi nggak ditekan giginya, cuma ingin main-main saja," ucapnya.

Namun, khusus untuk harimau dewasa perlu ekstra hati-hati dalam penanganannya. Meski sudah akrab, tingkah hewan buas tersebut bisa tak terkendali.

"Berat mereka bisa sampai 150 Kg, walaupun bercanda, kita tetap tidak akan mampu menahannya," ungkapnya.

Aktivitas Budi selama menjadi pawang cukup menyenangkan. Pagi hari, ia selalu menengok kondisi kesehatan 'anak-anaknya' sebelum memulai aktivitas. Tak lupa, para harimau dan kandang mereka harus selalu dibersihkan.

"Baru nanti mereka keluar untuk bermain sampai sore," tutupnya(detik.com)

1 komentar:

Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner