Gara-gara Avatar, China Ganti Nama Gunung

Film laris asal Hollywood, "Avatar," rupanya tak hanya membuat terkesima banyak penonton di China. Avatar bahkan mampu "menyihir" pemerintah suatu provinsi di Tiongkok untuk mengganti nama suatu pegunungan di wilayah mereka. Itulah yang terjadi pada pemerintah provinsi Hunan. Mereka niat sekali mengganti nama suatu pegunungan di Kota Zhangjiajie, yang tadinya bernama "Barisan Langit Selatan" menjadi "Gunung Avatar Hallelujah."
Rupanya, merek terinspirasi oleh nama bukit terapung dalam film Avatar, yaitu "Gunung Hallelujah." Pemerintah Hunan berharap, penggantian nama tersebut bisa semakin menarik wisatawan dan menghasilkan tambahan bagi pendapatan daerah. Penggantian nama itu dilakukan melalui sebuah seremoni, Senin 26 Januari 2010. Menurut situs resmi pemerintah Zhangjiajie, seperti dikutip dari laman jaringan televisi NBC, gunung terapung "Hallelujah Mountains" dalam film box office Avatar justru terinspirasi oleh "Barisan Langit Selatan" setelah seorang fotografer Hollywood menjadikan gunung dengan pemandangan indah tersebut sebagai objek pemotretan pada 2008.
"Banyak gambar foto yang dia ambil menjadi prototipe untuk berbagai elemen dalam film Avatar, termasuk 'Hallelujah Mountains'," tulis pernyataan dalam situs pemerintah tersebut. Wisatawan kini bisa bergabung dalam 'tur keajaiban ke Avatar-Pandora' atau 'tur keajaiban ke gunung terapung Avatar'," tulis situs milik China International Travel Service Corp cabang Zhangjiajie.
"Pandora jauh, tetapi Zhangjiajie dekat," tambahnya. "Selamat datang di Zhangjiajie untuk melihat 'Avatar Hallelujah Mountains' dan temukan Pandora dalam dunia nyata", tambah penyedia layanan pariwisata itu. Bioskop-bioskop China pekan lalu mulai menayangkan film versi tiga dimensi yang disutradarai James Cameron itu. Ini menjadi hiburan menarik menyambut musim liburan tahun baru China. Sejauh ini "Avatar" sudah meraup US$80 juta di China dan menjadi film paling populer di negara tersebut.(VIVAnews - )

1 komentar:

Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner