Menlu Asia Berkumpul, Bahas Teror Bom di Jakarta

Phuket - Para Menteri Luar Negeri Asia beremu di Thailand membahas masalah keamanan dunia, termasuk bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton, Jakarta. Selain itu, mereka juga membahas masalah program nuklir di Korea Utara (Korut) serta masalah yang menyangkut keamanan lainnya.

Pembicaraan juga mengarah pada penegakan HAM di negara-negara peserta serta tak lupa dibahas mengenai kekerasan yang terjadi di Myanmar.

27 negara peserta dari Asia, dan Uni Eropa serta Amerika Serikat (AS) sebagai peninjau bertemu di sebuah resor di Phuket, Thailand sejak Kami 16 Juli. Acara ini juga dihadiri oleh Menlu AS, Hillary Clinton.

Serangan-serangan Al Qaeda serta Taliban, masalah perbatasan antara Thailand dan Kamboja, masih menjadi masalah lama yang terus dibahas. Namun, peristiwa bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton di Jakarta Jumat 17 Juli lalu menjadi tema dadakan dalam pertemuan ini.

"Ini menjadi pelajaran bagi kita untuk bekerja sama lebih giat lagi dalam memerangi teroris," kata Menlu Thailand Kasit Piromya dalam pertemuan dengan 10 Menlu ASEAN di Phuket seperti dilansir AFP, Minggu (19/7/2009).

"Mari kita doakan kepada para keluarga agar tabah menghadapi cobaan ini serta mari dukung Indonesia agar segera mengungkap pelakunya," imbuh Kasit.

1 komentar:

Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner